MENYIKAT KELINCI ANDA

Disadur dan diterjemahkan dari Petco.com

Menyikat kelinci Anda tidak hanya penting untuk kesehatan, namun juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk membina ikatan dengannya. Kelinci Anda akan menghargai perhatian ekstra yang didapatnya ketika Anda menyikatinya. Dia juga akan menikmati disingkirkannya bulu-bulunya yang rontok, terutama saat masa ganti bulu. Kelinci berganti bulu setiap tiga bulan. Menyikat bulu juga dapat membantu menghilangkan masalah hairball. Kelinci menjilat diri mereka sendiri dan, seperti kucing, dapat menelan hairball. Tidak seperti kucing, mereka tidak bisa memuntahkan hairball. Jika hairball terbentuk, hal itu dapat menyebabkan penyumbatan usus yang bisa berakibat fatal. Beberapa kelinci mempunyai bintik-bintik botak saat berganti bulu, amun ini bukan hal yang serius, kecuali tapi ini bukan masalah serius kecuali bulunya tidak cepat tumbuh kembali. Seperti biasa, jika Anda ragu-ragu, konsultasikan dengan dokter hewan Anda.

Frekuensi dan sejauh mana Anda harus menyikat kelinci Anda tergantung pada apakah ia jenis berbulu pendek atau panjang. Kelinci berbulu pendek tidak perlu disikat lebih dari sekali seminggu, sementara jenis berbulu panjang harus disikat dua sampai tiga kali seminggu. Tentu saja, semakin sering Anda menyikat kelinci Anda, tidak peduli apa jenisnya, akan lebih baik untuknya. Ketika menyikat kelinci Anda, Anda juga harus hati-hati memeriksa dia adanya kutu, yang biasanya agak sulit terlihat. Kutu berwarna abu-abu kecoklatan, seperti cacing, dan merangkak melalui bulu di dekat kulit.

Alat-Alat yang Dibutuhkan

  • Sisir bergigi lebar
  • Sikat bergigi kecil

Teknik Menyikat untuk Kelinci Bebulu Pendek:

Kelinci berbulu pendek harus disikat sekali seminggu dengan sikat yang kaku. Hal ini akan menghilangkan kotoran dan juga menjaga bulunya agar tidak kusut.

  • Selalu sikat kelinci Anda ke arah tumbuhnya bulunya.
  • Mulailah dengan kepala dan sikat ke belakang ke arah leher.
  • Selanjutnya, sikat punggungnya, lalu kaki depan, kemudian kaki belakang.
  • Lanjutkan dengan perutnya dan akhiri dengan bagian bawah lehernya.

Teknik Menyikat untuk Kelinci Bebulu Panjang:

  • Mulailah dengan menyikat tubuh kelinci secara keseluruhan dengan jari. Gunakan ujung jari Anda untuk merapikan bulu dan memeriksa bagian yang kusut. Urai bagian yang kusut dengan lembut dan perlahan.
  • Berikutnya, dengan menggunakan sisir yang lebar, sisir bulunya dengan lembut, urailah setiap bagian yang kusut dan berhati-hatilah untuk tidak menarik bulunya.
  • Selalu sisir kelinci Anda ke arah tumbuhnya bulu. Mulailah dengan kepala dan sikat ke belakang ke arah leher. Selanjutnya, sikat punggungnya, lalu kaki depan, kemudian kaki belakang.
  • Lanjutkan dengan perutnya dan akhiri dengan bagian bawah lehernya.
  • Setelah menggunakan sisir, gunakanlah sikat dan ulangi pada bagian-bagian tubuhnya seperti sebelumnya.
  • Anda bisa juga menjaga kelinci Anda tetap terawat dengan merapikan bulunya secara berkala sehingga ia tidak menginjaknya atau tersandung dan kotor.
  • Bulu kelinci Anda yang kusut tidak harus dipotong dengan gunting, yang mungkin dapat merusak kulitnya yang sensitif. Sebaiknya gunakan alat pengurai kusut untuk mnghilangkannya. Anda juga dapat mengaplikasikan tepung maizena pada bulu yang kusut tersebut untuk memudahkan Anda mengurainya.

http://m.petco.com/Content/Article.aspx?id=903

MORE TIPS

Rabbit

Kenalan yuk dengan Si Mungil, Kelinci Netherland Dwarf!

Rabbit

Cara Unik Kelinci Mencerna Makanan