5 CARA MENGETAHUI APAKAH ANJING ANDA MENCINTAI ANDA

Disadur dan diterjemahkan dari tulisan Dr. Gregory Berns, Professor Neuroeconomics, Emory University - Wall Street Journal

Apakah Anda yakin bahwa Anjing Anda mencintai Anda atau semata-mata memandang Anda sebagai sang pemberi makan? Perhatikan tanda-tanda perilaku yang ditunjukkan anjing Anda.

  1. Anjing Anda bermanja-manja dengan Anda setelah makan. Sebagaimana manusia, anjing juga menyukai makanan. Hanya saja, anjing tidak memiliki korteks prefrontal yang besar, yang merupakan bagian dari otak yang berhubungan dengan perencanaan masa depan dan menghambat impuls. Oleh karena itu, anjing hanya hidup di masa sekarang dan hanya tahu makanan. Mereka tidak tahu kapan makanan berikutnya akan diberikan. Jadi, setelah perutnya penuh, apakah yang menjadi prioritas selanjutnya? Apakah ia pergi ke luar untuk membebaskan diri? Atau apakah mereka beristirahat di kaki Anda?

  2. Di mana anjing Anda tidur? Anjing sangat sosial, tetapi mereka juga sangat fleksibel. Mereka akan lebih suka berada dengan anggota kelompok sosial mereka, apakah itu anjing lain, kucing, anak-anak, atau orang dewasa. Di mana mereka lebih memilih untuk tidur menunjukkan yang mereka anggap BFFs mereka. Anjing Anda panik ketika Anda akan pergi. Maaf, tapi itu bukan tanda cinta. Kecemasan akan perpisahan adalah hal yang umum dan biasanya merupakan penyebab utama masalah perilaku. Sekalipun mungkin anjing Anda terikat tanpa syarat dengan Anda, anjing yang dapat menyesuaikan diri dengan baik akan tahu bahwa Anda pasti akan kembali dan tidak akan menunjukkan perilaku panik yang berlebihan.

  3. Anjing Anda sangat antusias ketika Anda pulang ke rumah. Siapa yang tidak suka disambut oleh anjing yang bereaksi seolah-olah Anda telah pergi selama satu tahun? Kita tahu anjing kita mencintai kita ketika kita pulang karena mereka melompat dengan antusias ke arah kita, bahkan setelah mereka diberi makan. Namun ujian sejati adalah apakah mereka melakukan hal yang sama kepada siapa saja yang berjalan di dalam rumah. Perhatikan baik-baik apa yang anjing Anda lakukan ketika orang lain datang. Jika ia melakukan hal yang sama, sepertinya ia tidak mampu memilah dalam bersikap.

  4. Apakah Anda mencintai anjing Anda? Hubungan yang penuh kasih sayang timbul dari dua arah. Jika Anda tidak mencintai anjing Anda, jangan mengharapkan ia untuk mencintai Anda. Ikatan yang ada terhadap Anda mungkin hanya sebatas tentang makanan, tempat tinggal, atau bahkan ketakutan. Jika ikatan-ikatan tersebut tidak bisa kita terapkan pada hubungan kasih sayang antar manusia, maka hal yang sama juga tidak bisa kita terapkan pada Anjing.

http://blogs.wsj.com/speakeasy/2013/12/04/five-signs-your-dog-loves-you

MORE TIPS

Dog

5 Tips Aman Bermain Dengan Anjing

Dog

Tanda-Tanda Jika Anjing Sedang Stress