MENGENAL PERILAKU KELINCI

Kelinci merupakan kategori hewan pemangsa yang terkadang mudah merasa takut dan waspada akan lingkungan di sekitarnya. Meskipun tidak seperti anjing dan kucing yang lebih terbuka dalam menunjukan apa yang dirasakannya namun kelinci juga memiliki banyak hal lucu dan menggemaskan yang akan membuatmu jatuh cinta. Mengenali dan memahami perilaku, Bahasa tubuh hingga suara dari kelinci kesayanganmu akan membuat hubunganmu lebih dekat.

Perilaku apa saja yang biasa dilakukan oleh kelinci, Yuk, cari tahu!

  1. Pahami Suara Kelinci untuk jalin hubungan yang lebih dekat Meskipun tidak seperti anjing dan kucing yang sering mengeluarkan suaranya,namun bukan berarti ia tidak dapat bersuara. Sebagian kelinci terkadang akan mengeluarkan suara untuk menunjukkan perasaan senang, takut atau sebuah peringatan. Suara kelinci ketika merasa senang biasanya akan berbunyi seperti gertakan gigi atau klik klak, saat marah ia akan menggeram dan menghentakan kaki bagian belakangnya, suara seperti dengkuran berarti merupakan tanda pendekatan si jantan untuk mengawini betina, suara lengkingan atau teriakan menandakan ia merasa ketakutan atau sedang kesakitan.
  2. Bermain Lebih Seru Dengan Mengenali Bahasa Tubuh Kelinci Gerakan tubuh kelinci sangatlah halus dan samar.Berikut beberapa perilaku kelinci yang dapat dikenali, diantaranya :

A. Saat kelinci berbaring dengan posisi tengkurap dan kedua kaki direngangkan ke belakang, tandanya ia sedang merasa santai.

B. Ketika kelinci mulai membuat tubuhnya sekecil mungkin dan menghindari kontak mata langsung pertanda ia tidak membahayakan dan menginginkanmu lebih dekat dengannya.

C. Wajah yang terlihat tegang dengan telinga yang ditekankan kuat-kuat ke arah badan merupakan sebuah pertanda bila ia merasa ketakutan.

D. Sama halnya seperti saat sedang marah, ketika merasa terganggu kelinci akan menghentakan kakinya ke lantai dengan kepala yang terus digerakkan ke kiri dank e kanan

E. Melompat-lompat merupakan cara kelinci dalam menunjukkan rasa senangnya.

F. Menjilati atau menggesekkan dagunya kebagian tubuhmu atau suatu benda pertanda bila ia menyukaimu dan menggapmu adalah miliknya dengan meningalkan bau badannya pada kamu pet pals

G. Kelinci juga senang mencari perhatian kamu loh,Pet Pals seperti memanjat kakimu, menarik pakaianmu, hingga menyenggolmu dengan hidungnya. Nah ketika ia melakukan hal-hal tersebut, cobalah untuk membelainya, berbicara padanya atau memberinya camilan.

H. Ketika kelincimu terlihat berjalan mundur tandanya ia akan buang air.

I. Melihat kearah jendela dengan tatapan kosong atau duduk di sudut ruangan merupakan pertanda ia ingin bebas bermain di luar rumah, jadi berilah ia waktu untuk menikmati udara luar ya Pet Pals

Telinga kelinci berfungsi sebagai radar, oleh karena itu telinga kelinci sangatlah peka, memperhatikan gerakan yang terjadi pada telinganya juga dapat memahami apa yang sedang ia rasakan. Untuk menjalin kedekatan yang lebih intens cobalah untuk menemaninya saat makan dan berikan perhatian ketika kelinci kesayanganmu membutuhkan perhatianmu.

Source & Edit : https://id.wikihow.com/memahami-kelinci-peliharaan-anda

MORE ARTICLES

Rabbit

Membiasakan Kelinci Bersih di Kandangnya

Rabbit

Cara Unik Kelinci Mencerna Makanan