MENGENAL LEBIH DEKAT PERILAKU KELINCI ANDA

Disadur dan diterjemahkan dari Petco.com

Kelinci selalu dianggap hewan jinak karena mereka memiliki kecenderungan untuk terlihat lemah lembut dan menggemaskan.

Meskipun kelinci mungkin terlihat menggemaskan, mereka apa-apa sama sekali tidaklah lemah lembut. Di alam liar mereka sangat ingin tahu dan penuh akal, serta sangat mahir membebaskan diri dari masalah yang mereka hadapi. Kelinci Anda pun sama.

Mitos bahwa kelinci merupakan hewan pemalu yang ideal sebagai kawan bermain anak serta mudah perawatannya adalah hal yang salah. Kelinci tidak hanya makhluk cantik, lembut dengan ekor berbulu semata, namun makhluk dengan kebutuhan spesifik dan kepribadian individu.

Seperti binatang lainnya, mereka terikat dengan pemiliknya dan mengembangkan kebiasaan serta karakteristik berdasarkan lingkungan di mana mereka menemukan diri mereka. Namun demikian, mereka tidak akan pernah meninggalkan karakteristik alami mereka. Pertama dan terpenting, mereka adalah hewan sosial. Mereka juga hewan mangsa yang telah bertahan dengan cara menggali, melompat jauh dari bahaya dan memberikan tendangan kuat dengan kaki belakang mereka. Gigi mereka kuat sehingga memungkinkan mereka untuk makan - dan untuk keluar dari kesulitan.

Sifat Umum Kelinci

Ingin tahu, cerdik, dan bersosialisasi Kelinci Anda bersifat igin tahu, sehingga menarik untuk diamati. Sifat alami mereka yang sangat sosial memungkinkan mereka untuk membangun ikatan dengan manusia maupun makhluk lainnya. Meskipun pada umumnya diam, kelinci Anda mampu menciptakan bunyi-bunyi tertentu dan dapat dengan jelas mengekspresikan dirinya serta kebutuhannya jika diperlukan. Ia juga dapat membuat gerakan yang mengasikkan dan menghibur.

Tipe kepribadian

Seperti umumnya hewan, tiap kelinci memiliki kepribadian sendiri--Anda dapat melihatnya dengan jelas pada raut mukanya. Kelinci yang mellow memiliki muka yang santai dan senang berada di pelukan Anda. Kelinci yang suka cemas akan terlihat gugup dan jarang mau dipegang oleh Anda.

Perubahan suasana hati

Bahkan kelinci yang berperilaku sngat baik dapat mengalami perubahan suasana hati dan ada kalanya kelinci Anda yang biasanya lembut tiba-tiba tidak ingin berdekatan dengan Anda - atau bahkan bertindak agresif. Ada kalanya kita bisa menemukan alasan perubahan itu dengan mengamati lingkungan dan melakukan beberapa penyelidikan. Apakah ada sesuatu yang berbeda di kandang kelinci Anda atau di rumah? Apakah ada orang yang mengunjungi, atau hewan lain di dekatnya? Kelinci Anda, yang biasa menjadi hewan mangsa di alam liar, lebih rentan terhadap rasa takut dan stres daripada hewan predator seperti anjing atau kucing. Stres bisa membuat dia berperilaku tak terduga. Seringkali, dengan menghilangkan sumber stres, Anda dapat memecahkan masalah - dan kelinci Anda yang berperilaku baik akan kembali. Jika perubahan suasana hati terus berlanjut setelah menghilangkan sumber kemungkinan stres, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan Anda mengenai masalah kesehatannya.

Hewan dengan Tingkat Perawatan Tinggi

Kelinci Anda bukanlah hewan yang mudah dipelihara. Sebaliknya, ia adalah hewan yang membutuhkan banyak perawatan, perhatian, dan pelatihan. Seringkali, ini berarti Anda hanya menonton kelinci Anda bermain atau menjaga dia dari bahaya. Memiliki kelinci sangat mirip dengan memiliki anak anjing, dengan semua plus minus yang menyertainya.

Perilaku Kelinci

Kelinci Anda ingin tahu, ulet dan nakal. Dia akan merobek karpet dan mengunyah furnitur; ia menikmati balap di sekitar ruang terbuka; dia melempar benda-benda dan memanjat untuk melihat pemandangan dari atas. Pada saat yang sama, kelinci Anda sangat menikmati ditemani - dan dia seorang komunikator yang sangat baik.

Suara dan bahasa tubuh

Kelinci Anda membuat sejumlah suara, tetapi Anda harus memperhatikan dengan cermat untuk dapat mendengarnya. Dia juga menggunakan bahasa tubuh serta sinyal yang lebih jelas seperti karakteristik "berdebar" yang menandakan bahaya atau kecemasan, untuk mengekspresikan dirinya.

Perilaku sehubungan dengan usia

Kelinci muda yang periang dan nakal perlu dijaga dari bahaya. Hewan peliharaan Anda akan selalu mencari stimulasi, yang dapat menyebabkan perilaku yang merusak dan berbahaya, termasuk perilaku luar biasa ulet (dan sering berhasil) untuk mencoba membebaskan diri dari kandang nya. Ia juga akan mencoba untuk merobek dan mengunyah apa pun yang menarik baginya. Sayangnya, kelinci Anda tidak tahu apa yang aman untuk dikunyah dan apa yang dapat membahayakan dirinya. Sebaiknya jauhkan hal-hal yang membahayakan dari jangkauan kelinci anda.

Kelinci yang diterima dan dipahami adalah kelinci bahagia. Memberikan perhatian sehingga Anda mengenal kelinci Anda dan menghabiskan waktu bermain dengannya akan membentuk hubungan yang sehat. Kelinci Anda mungkin mengikuti Anda di sekitar rumah dengan lebih setia dibandingkan anjing Anda; ia mungkin duduk di samping Anda menonton televisi; ia bahkan mungkin mendengkur seperti kucing yang puas. Dan ya, dia akan bermain - dengan Anda atau dengan hampir semua hal yang dapat ia temukan.

Kelinci Anda Saat Bermain

Kelinci secara alami ingin tahu dan lucu. Mengunyah tidak hanya sesuatu yang mereka lakukan, tetapi juga sesuatu yang mereka nikmati, dan mengunyah mainan selalu merupakan hiburan yang menyenangkan bagin mereka. Kelinci Anda juga akan menikmati mainan yang dapat ia dorong atau lemparkan, contohnya kertas toilet atau handuk kertas gulungan, mainan murah, seperti blok kayu alami. (Ingat bahwa ini akan dikunyah, jadi hindari memberikan bahan-bahan yang keras seperti kayu, papan partikel dan kayu lapis).

Membeli Mainan yang Aman

Anda dapat membeli kucing atau burung mainan yang aman bagi hewan peliharaan, seperti bola dengan lonceng di dalamnya, boneka hewan, mainan dengan bunyi-bunyian, dan berbagai barang-barang lainnya yang akan membuat kelinci Anda terpesona. Perlu diingat bahwa kelinci anda akan mencoba untuk memakan sekaligus bermain dengan mainan-mainan tersebut. Berikan mainan yang tidak memiliki bagian-bagian kecil, bahan beracun atau yang menimbulkan bahaya tersedak.

Perilaku kelinci Anda akan memberitahu Anda apa mainan terbaik yang baginya. Perhatikan apa yang dia lakukan dan apa hiburan favoritnya. Belilah mainan berdasarkan pengetahuan Anda tentang kepribadian kelinci Anda serta usianya. Kelinci tidak peduli seberapa mahal mainan yang Anda berikan, atau bahakan jika Anda membuatnya sendiri. Mereka hanya perlu stimulasi mental yang bisa ditemukan pada mainan-mainan tersebut. Namun demikian, Anda perlu menjadi inovatif untuk menjaga kelinci Anda tetap bahagia. Kelinci bisa bosan dengan mainan lama mereka, dan kelinci yang bosan bisa menjadi sangat merusak atau bahkan agresif.

Mainan juga memberikan kesempatan bagi kelinci Anda untuk mendapatkan latihan. Kelinci perlu benda-benda untuk merangkak di bawah dan di atasnya, dipanjati dan dilompati, digali, serta dikunyah. Apa pun terbuat dari kayu akhirnya akan dimakannya. Kecuali Anda memelihara kelinci di kandang kaca, bersiaplah untuk memberikan dia banyak hiburan, persahabatan, dan olahraga jika Anda tidak ingin ia melarikan diri.

Bahkan jika dia tidak melarikan diri, tanpa kesempatan yang cukup untuk bermain, bersosialisasi, atau berolahraga, kelinci Anda akan menjadi stress dan mengalami obesitas. Diizinkan keluar dari kandangnya tanpa kegiatan yang tepat, akan memancingnya menciptakan hiburan sendiri dengan mengunyah furnitur Anda sebagai taman bermain pribadi mengunyah, melompat, merangkak dan menggali.

Mendorong Perilaku yang Baik

Kunci untuk memiliki kelinci yang berperilaku baik terletak pada gangguan dan pengalihan perhatian. Dengan mengingat dan memahami kecenderungan alami kelinci Anda, Anda dapat dengan mudah memenuhi kebutuhannya.

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mendorong kelinci Anda untuk berperilaku baik:

  • Puaskan keinginannya untuk menggali dengan menyediakan kotak yang dilapisi karpet di mana ia dapat menggali sesuka hatinya. Alihkan perhatiannya dan arahkan ia pada kotak tersebut saat ia mulai menggal di tempat lain, dan ia akan cepat belajar apa yang menjadi miliknya dan apa yang menjadi milik Anda.
  • Puaskan keinginannya untuk mengunyah dengan memberikan objek yang terbuat dari kayu yang tidak diolah, tidak beracun, atau 'furnitur' yang khusus dirancang untuk kelinci.
  • Puaskan rasa ingin tahu dan keinginan bermain dengan memberinya mainan dengan lonceng dan tekstur yang menarik.
  • Puaskan kebutuhannya untuk olahraga dengan membiarkannya keluar dari kandang selama beberapa jam sehari di bawah pengawasan ketat. Puaskan kebutuhannya untuk bersosialisasi dengan menemaninya dan memberikan perhatian. Puaskan naluri "mangsa" dengan memberinya sebuah kotak atau rumah kucing untuk bersembunyi ketika ia merasa stres atau ketakutan.

Dengan memenuhi kebutuhan dan naluri alaminya, Anda akan memberikan kelinci Anda kesempatan untuk menjadi hewan peliharaan benar-benar sehat dan bahagia. Dan dengan memahami kelinci Anda seutuhnya, Anda akan dapat menghargai hewan peliharaan Anda, bukannya berpegang pada mitos standar perilaku.

http://www.petco.com/Content/ArticleList/Article/30/21/952/Natural-Rabbit-Behavior.aspx

MORE ARTICLES

Rabbit

Mengenal Perilaku Kelinci

Rabbit

Tips Libur Lebaran Nyaman Bagi Kelinci Dan Pemiliknya