MEMBIASAKAN KELINCI BERSIH DI KANDANGNYA

Disadur dan diterjemahkan dari Kanin.org

Meskipun tidak banyak yang menyadarinya, bukanlah hal yang aneh bagi kelinci untuk menggunakan boks kotoran. Bahkan, dalam banyak mereka sepertinya terobsesi untuk menjadi bersih, seperti halnya kucing. Kelinci pada dasarnya higienis dan jika bisa memilih, mereka sering memilih sudut kandang untuk membuang kotoran - oleh karenanya sangatlah mudah untuk memberikan toilet training pada mereka. Dalam hal ini, kelinci dewasa lebih mudah dilatih dibandingkan kelinci muda.

Kondisi penting untuk hasil yang baik:

Kelinci yang dewasa secara seksual memiliki kebutuhan yang berbeda untuk menandai wilayah mereka. Kebanyakan kelinci melakukan ini dengan menyebarkan kotoran di sekitar daerah mereka, terlepas apakah itu kandang mereka sendiri atau lantai ruang tamu Anda. Beberapa kelinci bahkan menandai wilayah mereka dengan membuang air kecil sambil melompat pendek untuk menyebarkan pesan mereka pada area yang seluas mungkin. Hal ini biasanya berlaku kelinci jantan, meskipun mungkin kelinci betina kadang juga melakukannya. Menandai wilayah dan menggunakan boks kotoran adalah dua hal yang berbeda. Dalam banyak kasus, sterilisasi dianggap cara yang ampuh untuk membuat kelinci menjadi pembersih.

Pencernaan kelinci membutuhkan asupan makanan yang konstan - dengan kata lain kebanyakan waktu dihabiskan untuk makan. Oleh karena itu, terbukti kombinasi dari boks kotoran dengan keranjang-jerami cukup berhasil. Sejumlah kecil jerami di atas boks kotoran tidak masalah, namun harus diingat bahwa jerami sebaiknya dipisahkan dari boks kotoran sehingga kelinci tidak buang air pada tumpukan makanannya.

Di dalam kandang

Sepertinya kelinci mencari bahan yang bisa menyerap ketika mereka akan kencing. Oleh karenanya, kita perlu menyediakan bahan tersebut pada boks kotorannya sehingga ia tidak menjadikan seluruh kandang sebagai toiletnya. Hindari menggunakan kertas dan handuk rajutan di dalam kandang selama masa training karena bahan-bahan tersebut akan dianggap sebagai bahan penyerap.

Jika kelinci terus menerus tanpa sengaja kencing di luar boks kotoran, segeralah membersihkannya secepat mungkin. Sebaiknya tissue untuk mengelap tadi ditinggalkan dalam boks kotoran sehingga kelinci dapat mengasosiasikan kencing dengan boks kotoran tersebut. Hal yang sama dapat juga dilakukan untuk kotoran padatnya.Training ini tentu saja membutuhkan waktu, meskipun ada pula kelinci yang dapat dengan cepat mengerti.Umumnya kelinci muda sangat sulit memahami toilet training yang diberikan sehingga tak jarang orang menunggu hingga usia tiga atau empat buan sebelum memberikan toilet training, atau bahkan menunggu setelah sterilisasi.

Di luar kandang

Akses mudah ke kandang sangat penting ketika waktunya mendesak untuk ke toilet, sehingga tanjakan atau sejenisnya sangatla berguna jika kandangnya tidak menyentuh lantai. Jika kelinci suka jalan-jalan di area yang luas di luar kandang, mungkin sebaiknya menyediakan boks kotoran tambahan di luar kandang. Seperti halnya manusia, kelinci menyukai hal yang mudah.

Jika kelinci kesulitan memahami konsep boks kotoran, perlakuan fisik seperti mengangkat kelinci ke dalam boks saat kita melihatnya hendak buang kotoran terbukti cukup efektif.

Jika semua usaha di atas telah dilakukan namun masih juga tanpa sengaja kelinci buang kotora sembarangan, janganlah berkecil hati--bahkan kelinci yang paling pembersih sekalipun dapat melakukan kesalahan.

MORE ARTICLES

Rabbit

Tips Libur Lebaran Nyaman Bagi Kelinci Dan Pemiliknya

Rabbit

Mengenal Lebih Dekat Perilaku Kelinci Anda