KENALAN YUK DENGAN SI MUNGIL, KELINCI NETHERLAND DWARF!

Sama seperti namanya, pengembangbiakan kelinci Netherland Dwarf pertama kali dilakukan di Belanda oleh sebuah kelompok yang dipimpin oleh Jan Meyering. Kelompok yang terdiri dari 5 orang tersebut mengembangkan kelinci Netherland Dwarf pada awal abad 20 dengan berbagai macam warna dan pola. Netherland Dwarf pertama kali diakui oleh American Rabbit Breeders Association (ARBA) pada tahun 1969 dan hinggat saat ini Netherland Dwarf masuk dalam daftar kelinci paling populer di dunia.

Penampilannya yang imut dan lucu membuat Netherland Dwarf banyak dicari sebagai hewan peliharaan. Netherland Dwarf memiliki mata besar dengan tubuh kecil yang padat, telinga kecil, wajah bulat, dan leher yang pendek sehingga membuatnya disebut dengan ‘The Lost Neck Rabbit’.

Pada umumnya karakter dari Netherland Dwarf adalah lembut dan sangat mudah untuk dijinakkan namun ternyata kekuatan mereka jauh lebih besar dari ukuran mereka dikarenakan adanya perkembangbiakan dengan darah kelinci liar yang pada awal abad ke-20 masih sering digunakan. Netherland Dwarf merupakan kelinci yang aktif, energik dan bergairah. Karakteristik liar yang terdapat dalam dirinya dapat ditangani sejak usia dini agar Ia bisa lebih tenang dan jinak, bahkan Ia bisa sangat menyayangi Pet Pals sebagai pemiliknya. Cobalah untuk bermain permainan yang lebih interaktif agar si Netherland Dwarf bisa lebih dekat denganmu.

Cara Merawat Netherland Dwarf

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat ingin memelihara Netherland Dwarf, ukuran dan lokasi kandang serta jadwal pembersihan kandang yang rutin menjadi hal paling utama.

1. Berikan Ia Rumah yang Nyaman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meskipun memiliki tubuh yang kecil namun Netherland Dwarf memiliki karakteristik yang aktif dan energik oleh karena itu dibutuhkan juga ruang yang luas agar Ia dapat bergerak dengan bebas. Menurut University of Arkansas at Little Rock (UALR) merekomendasikan ukuran kandang seluas 4x2x2 feet atau sekitar 2x1x1 meter. Anda bisa memilih kandang dengan kawat atau kayu, pastikan untuk membuat area dimana kelinci memiliki tempat khusus untuk tidur dan beristirahat hingga kotak toilet untuknya. Membuat kandangnya seperti tempat bermain baginya dapat membuat si kelinci imut satu ini lebih senang dan bahagia.

NB : Dalam memilih kayu sebagai rumah kelinci, disarankan untuk menghindari alas yang terbuat dari kayu lunak seperti serutan pinus atau cedar karena aroma dari kedua pohon ini berbahaya bagi kesehatan hati kelinci kesayangmu.

2. Jaga Kebersihan Kandangnya

Buang kotoran sesering yang diperlukan agar lingkungan tetap sehat, dan bersihkan kandang secara menyeluruh satu kali dalam seminggu.

3. Tempat Makan dan Minum yang Baik Untuknya

Tempat makan yang baik untuk Si Mungil Netherland Dwarf adalah yang menempel pada dinding. Sama halnya dengan botol air, sebaiknya gunakan wadah yang terbuka. Hal tersebut disarakan agar mencegah makanan dan air tidak tumpah ke atas tempat tidurnya.

Nova dilengkapi dengan formula RGP yang cocok untuk hewan pengerat. Dengan rasa dan aroma yang sangat disukai kelinci. Diperkaya vitamin dan mineral dengan nutrisi lengkap dan terjamin kesegarannya.

4. Lokasi Rumah yang Tepat

Agar menjaga Si Mungil Netherland Dwarf ini tetap hangat pastikan untuk menempatkan kandangnya di dalam rumah yang tidak berdekatan dengan saluran angin. Bila memang harus di letakkan di luar rumah meskipun hal tersebut sangat tidak disarankan namun Pet Pals diwajibkan untuk membuat penutup kandang dengan tumpukan jerami sebanyak mungkin agar Ia tetap hangat.

Bagaimana Pet Pals berniat untuk memelihara Si Kelinci Mungil ini? Seperti yang telah dijelaskan diatas bila Si Mungil satu ini suka menggigit, tidak disarankan bagi Pet Pals yang memiliki anak kecil namun bila ingin memelihara setidaknya peliharalah sejak Ia masih baby bunny agar dapat dilatih untuk lebih jinak.

MORE ARTICLES

Rabbit

Tips Libur Lebaran Nyaman Bagi Kelinci Dan Pemiliknya

Rabbit

Mengenal Lebih Dekat Perilaku Kelinci Anda