MENAMBAH SUPLEMEN MAKAN IKAN

Sering kita ingin menambahkan suplemen pada makanan ikan kesayangan kita. Misalnya, spirulina, vitamin C, dll. Atau ingin memberi obat lewat makanan. Banyak orang menyarankan dengan mencampur suplemen itu dengan air atau minyak kemudian diaduk bersama pellet dan kemudian dikering anginkan. Masalahnya, saat pellet yang dilapisi suplemen itu jatuh ke air suplemen itu langsung larut hilang sebelum dimakan ikan. Terlihat dari minyak yang naik ke permukaan air.

Untuk mendapat efek yang diharapkan, suplemen harus dicampurkan rata ke dalam makanan ikan. Solusinya adalah menggunakan makanan ikan yang berbentuk powder. Syarat lainnya adalah makanan powder itu bila dicampur air menjadi adonan yang dapat dibentuk menjadi bulat, pipih, panjang2 seperti cacing dll dan tidak segera hancur di dalam air.

Di pasaran ada beberapa produk powder makanan ikan. Untuk ini pilihlah yang tepungnya sangat halus, baunya menarik. Semakin halus semakin baik, karena menjamin ratanya pencampuran. Salah satu produk adalah CP Farm Pro. Produk powder ini dapat dicampur rata dengan suplemen yang diinginkan di dalam kantong plastik, kemudian dicampur air dengan perbandingan 4:3, contohnya 4 sendok tepung dengan 3 sendok air. Sebaiknya digunakan air panas, bisa dari dispenser atau termos, supaya tepung perekatnya berfungsi. Setelah itu adonan dalam kantong plastik itu di-pijat2 sampai adonan tidak mengotori plastik atau tangan kita, artinya sudah tercampur rata. Pengganti air panas bisa dengan sari udang, juice buah atau sayur yang dipanaskan.

Dari adonan itu bisa dibuat pelet suplemen yang dibentuk sesuai ukuran mulut ikan. Pelet buatan kita ini akan tenggelam di dalam air. Jadi memberikannya sedikit demi sedikit. Pada awalnya perlu latihan, diberikan pada saat ikan lapar. Ikan cukup makan satu atau dua butir saja sudah cukup, seperti kita makan suplemen. Selamat mencoba.

MORE ARTICLES

Fish

Lobster Hias Air Tawar, Panen Cepat Pasar Luas

Fish

Takari Vaganza