KENALAN DENGAN IKAN CANTIK GUPPY

Ikan air tawar yang memiliki sirip bersinar dengan warna yang indah merupakan salah satu ikan hias yang paling disukai. Salah satu keunikan dari ikan guppy adalah ikan guppy tidak bertelur melainkan melahirkan anak-anaknya yang sudah berbentuk baby guppy. Guppy pertama kali ditemukan di Trinidad. Hal unik lainnya dari ikan guppy adalah dapat mengurangi penyebaran malaria dan demam berdarah karena guppy memakan larva nyamuk.

Ikan guppy suka tinggal di air yang hangat dengan suhu 23-24 Celcius. Ukaran ikan guppy jantan lebih kecil dibandingkan dengan ikan guppy betina serta memiliki sirip ekor yang lebih berwarna-warni. Ikan guppy jantan memiliki tingkat dewasa saat 2 bulan sedangkan betina pada saat 3 bulan.

masa kawin, ikan guppy akan membawa sperma mereka ke gonopodium yang terletak pada sirip tubular yang terletak di belakang sirip bagian perutnya. Hal tersebut dilakukan agar lebih mudah saat proses perkawinan. Ikan betina yang sedang hamil akan terlihat dari bagian gravid-nya yang terletak di dekat rongga anus berwarna gelap dan membesar. Ciri-ciri tersebut dapat dilihat setelah 2 minggu sejak proses perkawinan/pemijahan. Ikan guppy betina yang siap dipijahkan adalah yang berumur 3-4 bulan.

Ikan guppy betina mampu menyimpan sperma selama berbulan-bulan sehingga dapat bereproduksi tanpa kebutuhan jantan, namun anehnya ikan guppy betina siap untuk melakukan pembenihan selanjutnya setelah ia melahirkan anak-anaknya. Baby guppy yang telah terlahir dengan selamat dapat menjaga diri mereka sendiri namun penempatan tangki antara baby guppy dengan ikan guppy dewasa harus dipisahkan dikarenakan ikan guppy dewasa akan memakan bayi yang baru lahir untuk mengendalikan kepadatan dalam tanki. Bahkan terkadang ikan guppy jantan akan menyerang ikan guppy wanita saat melahirkan, oleh karena itu dalam masa kehamilannya ikan guppy betina harus ditempatkan di tanki yang terpisah. Namun , jika ikan guppy betina melahirkan premature, itu akan menyebabkan kematian karena kesepian. Masa kehamilan guppy berlangsung dari 21-30 hari.

Ikan guppy rentan terhadap penyakit infeksi jamur mulut yang disebabkan oleh luka gigitan ikan guppy lainnya atau ikan yang lebih besar. Ikan guppy tidak dapat tinggal di dalam tangka yang penuh sesak dan akan menunjukan betapa tertekannya mereka dengan berenang pada kecepatan tinggi dan gerakan yang tidak menentu.

Edit & Translated From https: //petponder.com/facts-about-guppy-fish

MORE ARTICLES

Fish

Ikan Hias – Mengenal Manfish / Angel Fish (Pterophyllum scalare)

Fish

Penyakit Yang Seringkali Diderita Oleh Ikan Mas Koki