DETEKSI DINI KESEHATAN SI KOI KESAYANGAN

Sama halnya dengan hewan peliharaan lain. Koi, si ikan yang dikenal sebagai pembawa keberuntungan ini juga dapat terkena penyakit loh, Pet Pals. Ada berbagai hal yang menyebabkan ikan koi terkena penyakit, diantaranya :

1. Stress

Faktor utama penyebab koi terkena penyakit dikarenakan oleh stres. Sama seperti kita, saat koi terkena stres kekebalan tubuhnya juga akan melemah sehingga mudah terkena penyakit. Pastikan tidak terlalu membuat kolam terlalu penuh ya, Pet Pals! Seperti warnanya yang cantik, ikan koi pun senang berenang bebas dengan cantik. Hal tersebut akan menurunkan tingkat stresnya di kolam dan membuat ikan koi kamu lebih bahagia dan lebih sehat.

2. Air

Faktor lain yang mempengaruhi kesehatan ikan koi adalah tingkat air di kolam. Ikan koi mengeluarkan banyak polutan sehingga membutuhkan perawatan yang rutin. Hal yang harus diperhatikan unuk kolam adalah kadar oksigen, kadar nitrit yang akan berbahaya bila terlalu banyak karena akan mempengaruhi kinerja darah koi untuk mengikat oksigen serta filter kolam yang akan menjaga kebersihan air kolam.


HIRO memiliki kandungan nutrisi lengkap seimbang yang dapat memacu pertumbuhan Koi agar memiliki bentuk yang bagus dan warna yang indah. HIRO juga dibuat dengan bahan berkualitas tinggi yang mudah dicerna dan membuat air kolam tetap bersih dan tidak keruh.


3. Sisik

Pet Pals dapat mendeteksi kesehatan koi kesayangan kamu pada saat Ia muncul ke permukaan untuk makan. Cobalah perhatikan dengan seksama pada daerah sisiknya. Salah satu hal paling umum yang terjadi pada sisik ikan koi adalah dikarenakan oleh adanya argulus atau kutu ikan. Argulus akan menempel erat pada tubuh koi dan menyerap nutrisinya. Pakan hidup adalah salah satu sumber mengapa argulus bersarang pada tubuh ikan koi selain itu kondisi air yang kurang baik merupakan faktor pendukung pertumbuhan argulus. Argulus sebenarnya dapat dilihat meskipun tanpa bantuan kaca pembesar salah satu cirinya adalah warna ikan koi berubah pucat.

4. Insang

Insang merupakan bagian organ paling penting pada ikan. Pada umumnya insang ikan koi yang sehat memiliki warna yang sama dengan gusi manusia. Bila ikan koi sulit bernafas, cobalah untuk melakukan pengecekan pada air untuk memastikan kadar oksigen sudah sesuai kebutuhan ikan koi kesayanganmu. Namun jika tidak terdapat masalah dalam kadar oksigen, kemungkinan hal yang terjadi adalah akibat infeksi jamur. Salah satu tandanya berkurangnya nafsu makan, lebih pendiam, malas bergerak, dan terdapat bercak putih pada lapisan insang. Segeralah lakukan penanganan pengobatan bila terjadi hal tersebut di atas.


San-Koi Wheat Germ dengan kandungan asam amino methionine dan lysine berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh ikan koi kesayangan Anda dan sangat baik digunakan pada masa perawatan ikan.


5. Kelincahan

Salah satu hal yang paling menguntungkan dari pemiliki ikan koi adalah dapat menghilangkan kejenuhan dengan melihat warna warni cantik koi sehingga pikiran dan perasaanpun jadi lebih rileks. Sambil melihat keindahannya, cobalah untuk sambil memperhatikan bagaimana caranya berenang. Koi termasuk dalam ikan yang anggun, maka dari itu sangat mudah dideteksi bila Ia tiba-tiba berenang dengan kikuk dan terlihat susah dalam mengendalikan gerak tubuh. Kemungkinan ikan koi sedang merasa kesakitan yang diakibatkan oleh beberapa faktor termasuk terkena zat kimia.

Apakah Pet Pals pernah mengalami hal diatas? Bagaimana cara kamu menanganinya? Share artikel ini dan Semoga bermanfaat.

MORE ARTICLES

Fish

Nutrisi pada Pakan Koi: Apa yang Harus Diperhatikan

Fish

Menambah Suplemen Makan Ikan