BAGAIMANA KOI GINRIN TERCIPTA

Apakah arti kata Ginrin? “Ginrin” dalam bahasa jepang diterjemahkan sebagai sisik perak, atau dengan kata lain dijelaskan sebagai sisik yang bersinar atau berkilat (seperti perak) diatas warna dasar ikan, seperti putih atau hitam. Ginrin juga dapat berarti sisik mengilat di atas warna merah.

Kapan pertama kali Ginrin ada dalam varietas koi? Menurut Tokuzo Miya, koi Ginrin pertama kali muncul sebelum 70 tahun lalu di Prefektur Echigo. Echigo adalah nama yang diberikan sebelum nama Niigata – seperti yang kita kenal sekarang. Nama Prefektur Niigata diberikan pada tahun 1870. Pada ssat itu koi Ginrin hanya terlihat pada beberapa sisik di bagian samping badan koi atau bagian lateral (gurat sisi). Mereka menyebut koi dengan Ginrin semacam ini sebagai Echigo Ginrin.

Hampir semua breeder koi percaya bahwa kehadiran Ginrin ini hanya kebetulan belaka, atau dengan kata lain : beruntung. Dan dengan ikan-ikan ini mereka membiakannya terus-menerus sampai didapatkan beberapa macam Ginrin. Salah satu contohnya adalah Ginrin Mutiara, yang terlihat seperti sisik yang berbentuk mutiara, membulat dan mengilat.

Kemudian sekitar 40 tahun lalu Ginrin mulai terlihat di sekitar Hiroshima. Koi Ginrin yang berkembang di Hiroshima ini mempunyai sisik Ginrin sampai di bagian dorsal atau punggung. Ginrin semacam ini dikenal dengan nama Dai Ginrin. Dai Ginrin inilah yang dipercaya berkembang menjadi ko Ginrin sampai saat ini.

Mengapa terjadi sisik Ginrin? Koi Ginrin yang pertama bisa terjadi karena kebetulan. Penjelasaannya adalah sebagai berikut : pengaruh (kelainan) genetic terjadi pada salah satu ikan kemudian diturunkan pada generasi selanjutnya. Banyak orang menyelidiki bagaimana ini bisa terjadi. Kemudian mereka sampai pada kesimpulan bahwa Guarine, salah satu tipe asam nukleat mengendap dan terkonsentrasi menjadi bentuk Kristal pada bagian sisik ikan. Inilah yang kemudian terlihat sisik ikan seperti mengkilat atau memantulkan cahaya.

Dapatkah mengawinkan koi Ginrin dengan Koi Ginrin untuk mendapatkan keturunan koi Ginrin? Bisa dipastikan, mengawinkan pejantan dan betina Ginrin dapat meningkatkan probabilitas didapatkan anakan Ginrin. Namun hal ini tidak berlaku 100%. Artinya tetap akan didapat keturunan koi yang bukan Ginrin.

Apakah kon Ginrin lebih lambat dalam perkembangannya dibandingkan koi biasa? Bisa dijelaskan, generasi pertama dari koi Ginrin adalah generasi yang paling lemah, maka pertumbuhannya pun lebih lambat dibandingkan koi normal. Koi Ginrin yang pertama adalah koi dalam kondisi tidak normal. Namun, untuk saat ini kondisinya sudah jauh berbeda. Koi Ginrin mempunyai pertumbuhan yang sama pesat, walaupun anda masih bisa menarik kesimpulan lebih banyak koi jumbo dari varietas biasa dibandingkan Ginrin koi jumbo.

Sumber : KOI’s mag edisi 40, volume VII. 07-08.2015

MORE ARTICLES

Fish

Nutrisi pada Pakan Koi: Apa yang Harus Diperhatikan

Fish

Budidaya Ikan Koi di Kolam Tanah