NUTRISI PADA PAKAN KOI: APA YANG HARUS DIPERHATIKAN

Nutrisi pada Pakan Koi: Apa yang Harus Diperhatikan

Dewasa ini pakan koi telah dibuat sedemikian rupa, dengan cara modern sehingga menghasilkan pakan koi yang sehat, memperindah penampilannya (terutama mencerahkan warna), praktis, dan mudah dicerna sehingga menghasilkan sedikit kotoran saja. Pakan koi yang baik mempunyai komposisi bahan penyusun seimbang, sesuai kebutuhan koi. Pakan koi semacam ini tentu saja menjadi dambaan setiap penghobi koi. Untuk mendapatkan pakan koi terbaik, beberapa komponen penyusun pakan koi berikut ini perlu diperhatikan.

Protein dan asam amino

Komponen utama dari pakan koi adalah protein. Protein berguna untuk menyusun jaringan tubuh, membuat enzim, dan juga menghasilkan energi. Jadi, dengan demikian fungsi protein adalah yang utama. Protein terbuat dari unsur kecil yang disebut asam amino. Yang patut diperhatikan dari protein ini adalah bahan bakunya. Bahan baku terbaik berasal dari protein ikan. Sumber protein yang segar adalah yang terbaik. Dengan demikianpabrik yang memproduksi pakan harus menerapkan kontrol kualitas bahan baku dan standar pengolahan pakan, karena protein ini dapat rusak jika salah dalam penanganan; terlalu lama disimpan misalnya. Untuk mudahnya, dalam tiap kemasan perhatikan bahan utamanya. Bahan yang ditulis paling depan dalam ingredients atau daftar komposisi penyusun pakan adalah bahan penyusun utama atau terbesar prosentasenya. Sebaiknya komposisi pertama yang terbaca adalah fishmeal, atau yang berasal dari ikan.

Lemak

Lemak atau fatjuga merupakan komponen penting dalam pakan koi. Lemak merupakan sumber tenaga bagi ikan koi.Selain itu, lemak juga berfungsi dalam penyerapan vitamin.Lemak terbaik untuk pakankoi berasal dari ikan, atau sering juga disebut fish oil atau minyak ikan. Seperti halnya protein, baik buruknya minyakikan tergantung dari sumbernya. Semakin mendekati, maka semakin baik, misalnya minyak ikan sebagai salah satu komponen pakan ikan koi. Namun demikian, sumber lemaktidak jenuh dan kaya Omega-3, EPA, DHA dari hewan lain masih diperbolehkan dalam jumlah kecil.

Sayur dan biji-bijian

Sayur dan biji-bijian juga merupakan komponen dalam pakan koi. Beberapa bahan biji-bijian yang sering dipakai dalam pakan koi adalah gandum, wheat germ,jagung, kentang, dan sorgum.

Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral juga dibutuhkan dalam pakan koi dalam jumlah kecil. Kedua komponen ini berpengaruh pada kesehatan koi khususnya metabolism, daya tahan tubuh / kekebalan terhadap penyakit, kesehatan kulit, sisik, tulang, dan syaraf ikan. Kekurangan vitamin dan mineral dapat berakibat pada pertumbuhan yang lambat. Akibat yang sama juga dapat terjadi akibat penggunaan vitamin dan mineral dari bahan yang buruk, bahkan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan dalam pemakaian jangka panjang. Jadi, sebaiknya berhati-hati dalam membaca label yang menyertakan komponen vitamin dan mineral. Sebaiknya pilih sumber vitamin dan mineral yang berasal daribahan alami.

Color enhancher, pencerah warna

Koi, sebagai salah satu hewan peliharaan yang dinikmati berkat keindahan warnanya mutlak tampil cerah dengan warna memikat. Kehadiran pakan dengan color enhancher dapat membuat koi warna koi semakin tajam. Namun demikian perlu diingat bahwa terdapat beberapa faktor yang turut menentukan cerahnya warna pada koi, seperti faktor genetik dan perawatan. Pakan color enhancher sebaiknya digunakan sejak koi berukuran kecil secara teratur—pas sesuai takaran. Seiring perkembangan waktu, keindahan warna akan meningkat secara bertahap dan tidak mempengaruhi warna lainnya pada koi.

Color enhancer, sumber carotenoid dalam pakan akan rusak atau menurun efektifitasnya selama penyimpanan, apalagi dalam kondisi terbuka dan terpapar sinar matahari.

Agnes Anggawati, GM CSB Department PT. Central Proteina Bahari mengatakan, “Pada ikan koi, apa yang dimakan itulah yang membentuknya.”. Menurut Agnes, pakan adalah salah satu faktor penting yang membentuk kualitas dan kesehatan ikan koi, sehingga pemberian pakan yang tepat, baik jumlah dan waktu akan menentukan perkembangan ikan koi secara maksimal. Agnes menambahkan bahwa selain genetik, perawatan yang tepat dapat memaksimalkan kualitas ikan koi. CP telah sangat berpengalaman dalam memproduksi pakan-pakan koi yang sangat bervariasi sesuai kebutuhan dan kondisi ikan. Pakan ikan koi CP diproduksi menggunakan bahan-bahan alami yang murni dan berkualitas terbaik sehinggadipercaya dan digunakan oleh para penghobi koi dan farm-farm yang tersebar di seluruh Indonesia. Di antara pakan koi produksi CP yang menjadi favorit para penghobi koi maupun breeder adalah SanKoi Spirulina yang diperkaya dengan spirulina untuk mencerahkan warna ikan, dan Breeder Pro yang sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan ikan. Sedangkan bagi penghobi dengan system filterisasi kolam terbatas dapat menggunakan Super Save, karena selain memiliki nutrisi lengkap untuk pertumbuhan dan warna, juga tidak mengeruhkan air.

sumber : KOI'S Magazine edisi 45 2016

MORE ARTICLES

Fish

Budidaya Ikan Koi di Kolam Tanah

Fish

Penyakit-penyakit pada Ikan Air Tawar