BAU NAFAS TIDAK SEDAP PADA ANJING

Penyebab bau napas tak sedap pada anjing:

  • Peradangan gusi karena karang gigi (gingivitis)
  • Peradangan lapisan yang mengelilingi gigi (periodontitis)
  • Gigi bengkak atau bisul mulut
  • Tumor mulut (oral neoplasia)

Umumnya penyebab bau napas anjing yang tidak sedap adalah peradangan gusi karena karang gigi. Masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Kadang-kadang masalah bau napas juga disebabkan oleh penyakit lain seperti kanker paru-paru dan penyakit ginjal yang arah. Sekitar 85% anjing mengalami peradangan gusi dan penyakit periodontal sejak usia 3 tahun. Penyakit periodontal adalah masalah gigi dan gusi yang paling sering terjadi pada anjing dewasa. Beberapa jenis ras anjing lebih rentan menderita masalah bau napas terutama ras berukuran kecil, seperti poodle dan terrier. Hal ini disebabkan keasaman dan komposisi mineral yang terkandung dalam air liur anjing.

Bila gusi anjing anda berdarah saat mengunyah tulang, anda harus segera memeriksakan kesehatan gigi anjing ke dokter hewan.

Risiko Penyakit Gigi dan Gusi Pada Anjing

Masalah bau mulut tidak hanya membuat anjing anda menjadi kurang menarik, penyakit periodontal memiliki efek lain yang lebih parah. Bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap bisa memasuki aliran darah dan mencapai organ-organ dalam tubuh anjing serta menyebabkan peradangan. Peradangan sekunder bisa terjadi di paru-paru, sendi, ginjal, hati dan jantung.

Tahap-Tahap Terjadinya Penyakit Periodontal pada Anjing

  1. Partikel makanan menempel pada gigi
  2. Bakteri mulut berlipat ganda pada partikel makanan sehingga menyebabkan plak
  3. Bila plak tidak dibersihkan (dengan menggosok gigi atau mengunyah tulang), plak akan termineralisir oleh kalsium yang terkandung dalam air liur anjing. Karena itulah karang gigi banyak ditemukan di dekat kelenjar air liur. Plak yang termineralisir, atau disebut karang gigi, adalah bagian gigi yang keras berwarna putih kekuningan.
  4. Karang gigi biasa terletak di permukaan gigi dekat batas gusi, partikel makanan sangat mudah terselip di situ
  5. Bila bakteri berlipat ganda pada plak, zat kimia yang dilepaskan dapat mengiritasi gusi
  6. Peradangan pada gusi (gingivitis) mengikir tulang yang menahan gigi anjing anda
  7. Gigi akan menjadi longgar dan kemudian copot

Pencegahan adalah kuncinya

Cara mencegah penyakit gigi dan gusi pada anjing sama dengan cara pencegahan pada manusia. Banyak orang yang bertanya-tanya apakah masalah gigi dan gusi pada anjing disebabkan oleh makanan anjing yang dikonsumsi.

Anda tidak perlu berganti makanan anjing untuk mencegah atau menyembuhkan gusi yang teriritasi. Untuk menghilangkan plak, anda cukup menggosok gigi.

Itulah yang bisa anda lakukan. Gosok gigi anjing anda. Anda bisa menggunakan pasta gigi anjing khusus yang tersedia dengan berbagai rasa (ayam, sapi, dsb) atau cukup gunakan air putih biasa. Anda bahkan tidak perlu menggunakan sikat gigi, terutama bila anjing anda belum terbiasa menggosok gigi. Cukup gunakan sepotong kain yang dililitkan ke tangan anda dan gosokkan pada permukaan gigi anjing. Meskipun anda tidak bisa mencapai sela-sela gigi, tindakan ini sudah jauh lebih baik daripada tidak melakukan apapun.

Penyebab penyakit periodontol pada manusia dan anjing pada dasarnya sama, begitu juga tindakan yang perlu diambil untuk mengatasi masalah tersebut: gosok gigi! Berbeda dengan kucing yang mampu mengunyah lebih baik, anjing sering kali memerlukan bantuan untuk membersihkan giginya.

Selain menggosok gigi, anda juga bisa memberikan tulang asli, Nylabone atau tulang buatan untuk dikunyah anjing anda. Makanan ringan tersebut sangat bagus setelah anjing selesai makan. Banyak anjing yang mengunyah tulang dengan teratur memiliki plak yang jauh lebih sedikit dibanding anjing yang jarang mengunyah tulang.

Mainan yang dikunyah juga memiliki permukaan yang kasar untuk menggosok permukaan gigi dan memijat gusi anjing anda.

Bila gigi dan gusi anda anda sudah rusak, segera kunjungi dokter hewan untuk membersihkan giginya. Sebaiknya anda membersihkan gigi anjing secara teratur setiap tahun sejak usia 3 tahun. Dokter hewan bisa membersihkan gigi anjing tanpa menyuntikkan obat bius, tetapi bila perilaku anjing anda cukup bekerja sama.

Source: articlecafe.net

MORE ARTICLES

Dog

10 Cara Sederhana Melatih Anjing Anda

Dog

Tanda-Tanda Jika Anjing Sedang Stress