APA YANG SEBENARNYA DISAMPAIKAN ANJING ANDA?

Disadur dan diterjemahkan dari tulisan Melissa Holbrook Pierson - Wall Street Journal

Karena kita terlalu terfokus pada bahasa verbal, kita sering mengira tidak banyak yang bisa disampaikan oleh anjing karena mereka tidak mengerti bahasa manusia.

Bahasa anjing lebih mengutamakan visual, yang diperagakan oleh tubuh mereka. Mereka berbicara melalui sorot mata mereka, gerakan ekor, dan jarak yang mereka ciptakan, serta arah gerakan mereka. Bahasa anjing sama kayanya dengan bahasa manusia karena alasan yang sama pula: anjing dan manusia sama-sama spesies yang kooperatif dan sosial.

Dalam banyak kasus, orang bisa digigit anjing karena ketidakmampuannya memahami apa yang disampaikan anjing melalui bahasa tubuhnya.

Jadi, apa sebenarnya yang bisa disampaikan Anjing pada kita?

Semua terbaca pada telinga, ekor dan tubuhnya

Dalam posisi santai, telinga anjing akan ke atas dan ekor ke bawah. Dalam keadaan waspada, ekornya lurus ke belakang dan telinga mengarah ke depan, dan seluruh tubuh akan naik. Anjing yang takut atau cemas akan melipat ekornya, menurunkan tubuhnya dan menarik kembali sudut-sudut mulutnya. Jika bulu-bulu di sepanjang bagian leher belakangnya berdiri dan hidungnya berkerut, kemungkinan ia akan menggigit jika ditekan lebih lanjut.

Postur dasar dari anjing santai termasuk memiliki telinga dan ekor bawah. Dalam peringatan, sering transisi, postur, ekor dipegang lurus di belakang, telinga maju, dan seluruh kereta menimbulkan. Seekor anjing takut atau cemas melipat ekornya, menurunkan tubuhnya dan menarik kembali sudut-sudut mulutnya. Jika hackles nya (bulu-bulu di sepanjang bagian belakang lehernya) dibangkitkan dan hidungnya berkerut, ia mengatakan ia mungkin hanya menggigit jika ditekan lebih lanjut.

Demikian pula, anjing yang ekornya kaku dan bergoyang-goyang perlahan (tidak semua bergoyang-goyang menunjukkan kesenangan), dengan telinga ke depan dan badan condong ke depan, dapat menyerang dalam waktu dekat. Jika ia membeku, pupil melebar dan menatap keras, ia harus diwaspadai: Hati-hati.

Ada anjing yang menggeram sebelum menggigit dan ada yang tidak; bahasa tubuh anjing jauh lebih bermakna dibanding suaranya. Itulah sebabnya anjing yang ekor yang dipotong atau telinga yang dikupir akan membuat mereka kehilangan beberapa kefasihan bahasa mereka.

Mereka menyesal, dalam banyak cara yang berbeda

Anjing memiliki beragam bahasa tubuh untuk menyatakan perdamaian dan 'meredakan'situasi. Pelatih anjing dari Norwegia, Turid Rugaas, mengidentifikasikan setidaknya 30 "sinyal yang menenangkan"--gerakan yang dimaksudkan untuk mengalihkan permasalahan (yang mungkin juga bisa meredakan stress bagi si pemberi maupun penerima sinyal). Gerakan-gerakan tersebut amat halus, kadang terlalu cepat sehingga kita tidak memperhatikannya. Contoh sinyal atau gerakan tersebut antara lain mengibaskan lidah, memalingkan kepala atau memandang ke arah lain, tiba-tiba mengendus tanah atau duduk, menguap, mengibaskan badan, atau mendekati dari arah memutar.

Hindarilah pelukan

Tidak seperti manusia yang biasanya mengekpresikan perasaan sayang dengan pelukan, bagi anjing, pelukan bagaikan sebuah ancaman. Keinginan unutk memeluk harus kita tahan karena mengalungkan tangan pada leher anjing diartikan sebagai tindakan yang engintimidasi. Ia mungkin bisa mentolerirnya, namun yang jelas ia tidak menyukainya.

Jika ada orang asing yang membungkuk ke arahnya hendak membelai atau bahkan memeluknya, reaksi pertamanya mungkin bisa berupa gerakan yang mengalihkan. Namun jka ini diabaikan, bisa jadi ia akan terpaksa melakukan tindakan pertahanan. Inilah sebabnya banyak terdapat kasus anak kecil yang digigit saat hendak membelai atau memeluk anjing.

Itu bukan tatapan rasa bersalah

Tatapan yang sering diartikan sebagai ungkapan rasa bersalah setelah anjing melakukan suatu kesalahan sebenarnya lebih merupakan tatapan ketakutan atau kecemasan akan kemarahan sang pemilik. Hal-hal yang biasa kita hukum--'mencuri'makanan, kencing di karpet--sama sekali bukan merupakan hal yang tidak bermoral bagi makhluk yang memiliki standar nilai yang jauh berbeda dengan kita. Alis yang berkerut, mata yang menyipit, postur yang merunduk, dan kepala menunduk bukanlah tanda permintaan maaf, melainkan tanda stress atau permintaan untuk menyudahi kemarahan.

Mereka juga mencintai Anda

Setiap anjing mempunyai cara khusus untuk menyambut siapapun yang dicintainya. Ekor yang berkibas-kibas dengan cepat, lari seperti kuda dengan melompat setinggi mungkin, badan direnggangkan, dan senyum. Ya, anjing bisa tersenyum dan itu tidak perlu diterjemahkan.

MORE ARTICLES

Dog

DR. LUVCARE PUPPY Meningkatkan Nafsu Makan Lennox von Platz

Dog

Langkah-langkah Merawat Bulu Anjing