ANJING BUTA WARNA? MITOS ATAU FAKTA?

Telah dilakukan banyak penelitian mengenai apakah anjing buta warna termasuk yang dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas Bari di Italia. Dari penelitian tersebut akhirnya mendapatkan hasil bila sama halnya dengan manusia yang buta warna, anjing juga berjuang untuk memberdakan antara warna merah dan hijau.

Dalam hal ini dapat dikatakan bila anjing tidaklah buta warna setidaknya bukan hanya warna hitam dan abu-abu, namun mereka memiliki kisaran warna yang terbatas dibandingkan dengan kita. Bidang warna anjing terdiri dari kuning, biru, dan violet.

Retina mata terdiri dari dua jenis fotoreseptor yaitu batang dan kerucut. Manusia memiliki lebih banyak jenis kerucut sedangkan anjing memiliki lebih banyak batang dan tidak ada fovea yang fungsinya bertanggung jawab terhadap detail ketajaman penglihatan mata pada manusia.

Namun kelebihan dari penglihatan anjing adalah Ia dapat melihat dengan lebih baik dan jelas pada malam hari termasuk melacak pergerakan kita namun tetap memiliki keterbatasan dalam detail dan warnanya.

Sebagai contohnya, saat Pet Pals bermain lempar bola dengan anjing kesayangan di rumput yang hijau, anjing kesayanganmu mungkin akan melihat sebuah bola oranye menjadi warna kuning, namun kemampuan pendeteksian gerakan akutnya akan membantunya menjemput bola.

Bagi Pet Pals yang ingin membelikan pakaian, rumah, permainan, hingga aksesoris untuk anjing kesayanganmu warna biru dan kuning lebih disarankan agar anjing kesayanganmu dapat melihat dengan jelas pergerakan atau letak benda kesayangannya berada.

Nah, jadi sekarang sudah tahu jawabannya kan Pet Pals? Yuk, ajak anjing kesayanganmu bermain!

MORE ARTICLES

Dog

Apa yang Sebenarnya Disampaikan Anjing Anda?

Dog

PRODUCT REVIEW DR. LUVCARE ADULT & PUPPIES´╗┐