TERBANG BERSAMA BINATANG KESAYANGAN

Jika Anda seorang pecinta binatang dan mempunyai binatang peliharaan di rumah, sementara Anda akan bepergian ke luar kota atau ke luar negeri, Anda tentu bingung siapa yang akan merawat binatang kesayangan Anda. Bolehkah membawa binatang kesayangan saat Anda terbang naik pesawat.

Memang ada solusi singkat seperti Pet Shop atau penitipan hewan lainnya yang menawarkan jasa merawat binatang peliharaan di saat pemilik sedang berpergian. Tapi ada pula yang terpaksa membawa binatang peliharaan dalam penerbangan.

Jika ini yang terjadi, ada beberapa cara yang dapat Anda pilih, binatang peliharaan kita mau diterbangkan dengan cargo khusus atau bisa juga dimasukkan ke bagasi pesawat?.

Jika ingin menggunakan jasa cargo, maka umumnya sudah harus ditaruh melalui prosedur penerimaan cargo sekitar delapan jam sebelum keberangkatan. Tetapi jika hanya membawa melalui bagasi pesawat, maka Anda juga harus mengetahui beberapa hal, di antaranya:

  1. Tidak semua maskapai mengizinkan ada binatang hidup dibawa di dalam sebuah penerbangan, apalagi masuk di dalam kabin bersama Anda.

  2. Carilah informasi dari maskapai yang akan Anda gunakan, perihal syarat dan ketentuan pengangkutan hewan hidup, karena tiap airlines menerapkan ketentuan dan biaya yang berbeda mengenai pengangkutan hewan hidup (live animals). Jangan sampai kita berencana membawa hewan kesayangan kita saat berlibur dan tiket sudah dibeli, namun hewan kesa¬yangan kita tidak bisa terangkut, karena maskapai yang akan membawa kita terbang tidak mengizinkan hewan kesa¬yangan kita diangkut sebagai bagasi.

  3. Gunakan tempat atau kandang yang layak, kuat dan nyaman untuk binatang peliharaan Anda. Pastikan cukup ventilasi udara, mainan bagi binatang, makanan dan minuman secukupnya (jika diperlukan untuk pener¬bangan jarak jauh).

  4. Pastikan juga jika hewan peliharaan Anda mengeluarkan kotoran, maka kotorannya tidak akan me-ngotori sekitarnya dan merugikan orang lain.

  5. Hewan peliharaan yang dibawa ke dalam bagasi bukan menjadi hak penumpang, tetapi menjadi kondisi khusus yang mempersyaratkan pemilik hewan untuk memenuhi kewajiban, baik biaya maupun surat-surat kelengkapan lainnya.

  6. Pastikan kandang/petinya terkunci dengan baik, agar tidak merepotkan Anda nantinya, terlebih tidak melukai hewan peliharaan Anda sendiri. Karena dapat saja, kandang/petinya terguncang selama penerbang¬an dan membuat hewan peliharaan Anda terlepas keluar.

  7. Cantumkan identitas Anda (nama, alamat, nomor telepon yang dapat dihubungi) sebagai pemilik hewan peliharaan di kandang hewan tersebut atau dikalungkan pada leher binatang jika memungkinkan. Beberapa prosedur umum yang harus dipenuhi bila terbang dengan binatang Anda.

  8. Membawa surat dari dokter hewan yang menyatakan hewan peliharaan kita sehat. Jika dirasa perlu, lakukan vaksinasi terlebih dulu pada hewan tersebut.

  9. Pergi ke Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan di airport asal dengan membawa surat dari dokter hewan untuk membuat surat menyatakan hewan peliharaan laik terbang.

  10. Pada waktu akan terbang, kita membawa hewan peliharaan yang akan dibawa terbang beserta surat kelengkapan yang menyatakan hewan kita laik terbang.

  11. Siapkan pula surat pembebasan tanggung jawab untuk maskapai (pada saat penerimaan hewan peliharaan Anda di bandar udara tujuan). Selamat terbang bersama hewan peliharaan Anda.

MORE ARTICLES

Dog

Apakah Anjing Anda Memiliki Parasit pada Usus?

Dog

Tanda-Tanda Jika Anjing Sedang Stress