MENGAJARI KUCING KESAYANGAN MENGGUNAKAN ‘TOILET ’ NYA

Litter Box atau yang dikenal dengan ‘toilet’ untuk kucing merupakan hal penting yang harus ada di rumah kamu saat kamu memutuskan untuk memelihara seekor kucing. Melatih kucing untuk terbiasa buang air di litter box miliknya memang akan sedikit membutuhkan kesabaran dan perhatian lebih. Namun lama-lama pasti ia akan mengerti kok.

Hal yang paling penting dari litter box bagi kucing adalah kebersihannya. Pemilihan kotak yang lebih besar akan membuat kucing lebih nyaman saat buang air disamping pertumbuhan kucing yang cepat.

A Tahap Pertama Mengamati kebiasaannya buang air. Mengatur waktu makan kucingmu merupakan cara yang dapat dilakukan bila ingin melakukan pengamatan. Bila terdapat tanda-tanda dimana kucingmu ingin buang air, bawalah dia dengan lembut ke litter box-nya. Melakukan hal tersebut setiap kali kucingmu ingin buang air sama saja perlahan-lahan mengajarinya dan membuatnya mengerti untuk pergi litter box setiap kali akan buang air.

B Tahap Kedua Menentukan lokasi litter box. Kucingmu juga butuh tempat privasi. Letakkan litter box di sudut ruangan yang sepi. Jangan letakkan di dekat area makan karena kucing sangat suka bila area makanya bersih. Cobalah untuk tidak mengubah lokasi litter box terlalu sering dan berikan 1 litter box untuk 1 kucing, karena itu akan membuatnya tidak nyaman saat buang air sehingga lebih susah mengajarinya.

C Tahap Ketiga, Memilih pasir. Ada berbagai jenis pasir yang dapat digunakan untuk mengisi litter-boxnya. Mulai dari pasir zeolite yang berbentuk batuan, bentonite yang memiliki daya serap tinggi dan menggumpal saat terkena kotoran, pasir Kristal untuk kamu nik yang sibuk untuk membersihkan kotorannya, dan pasir biodegradable yang berbentuk pellet yang dapat menyerap bau secara alami dan bebas debu.

D, Tahap Keempat Menentukan ukuran litter box. Pastikan kucingmu masih memiliki ruang kosong saat berada di litter-box nya, berikan sisi yang cukup rendah untuk kitten dan sisi yang paling tinggi sekitar 6 inci untuk kucing dewasa. Ada beberapa kucing yang menyukai kotak yang terbuka yang memudahkan aksesnya saat akan buang air namun ada juga kucing yang menyukai litter box yang suka iseng mengotori lantai dengan menendang-nendang kotorannya.

E. Tahap Kelima, Memberikan lapisan disekitar litter box. Menempatkan lapisan disekitar litter boxnya bertujuan untuk menangkap kotoran-kotoran yang tersangkut di kaki dan bulunya. Seperti yang telah dijelaskan di awal, kesabaran merupakan hal utama bila kamu ingin mengajari kucing kesayanganmu untuk terbiasa menggunakan ‘toilet’ nya. Saat ia tidak menurut perintahmu dan tetap buang air disembarang tempat, memarahinya apalagi hingga memukulnya merupakan kesalahan. Bukan nya malah membuat kucingmu mengerti, namun malah membuat kucingmu takut. Namun sebaliknya, bila ia melakukannya dengan benar berilah kucing kesayanganmu pujian.

Source,Edit and Translate : https://www.petsmagazine.com.sg/pet-guide/cat/teaching-your-cat-how-to-use-the-litter-box

MORE ARTICLES

Cat

Melepas Lelah dengan Bermain Bersama Kucing Kesayangan

Cat

Hidup Lebih Sehat Bersama Hewan Peliharaan