KUCING KAMU HAMIL? PERAWATAN APA SAJA YANG DIBUTUHKAN?

Menantikan kucing kesayangan melahirkan merupakan hal yang paling dinantikan ya karena pasti akan sangat menyenangkan dapat melihat kitten-kitten lucu yang menggemaskan menjadi anggota keluarga baru di rumah.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan saat kucing telah terdeteksi hamil, diantaranya :

1. Melakukan Pengecekan Rutin, Melakukan pengecekan rutin bagi kucing yang sedang hamil akan membantu menjaganya tetap sehat karena kucing yang sedang hamil perlu mendapat perhatian lebih.

2. Jaga Selalu Kesehatan Kucing Saat Hamil, Kesehatan kucing pada saat hamil merupakan hal yang utama, tanda-tanda seperti penurunan nafsu makan hingga tanda-tanda terkena penyakit harus segera diberikan tindakan agar kucing dan janinnya tetap sehat. Bila perlu jagalah kucing tetap berada di dalam rumah agar terhindar dari resiko tertular penyakit serta lakukanlah konsultasi dan pengecekan ke dokter hewan saat kucing mengalami perilaku yang mencurigakan.

3. Sediakan Tempat Melahirkan yang Nyaman, Sediakan tempat dengan alas yang hangat seminggu sebelum waktu melahirkan. Pilih tempat dengan lingkungan yang hangat, bersih, dan tenang namun tetap dapat terawasi. Bila Anda memiliki lebih dari 1 kucing pastikan tempat yang Anda pilih jauh dari jangkauan kucing lainnya karena kucing memiliki insting keibuan yang akan sangat memproteksi anak-anaknya.

4. Mengetahui Masa Kehamilan Kucing, Panjang masa kehamilan kucing berkisar antara 60-67 hari setelah masa kawin. Salah satu tanda kucing akan melahirkan adalah dengan keluarnya cairan bening yang berbau menyengat pada hari ke-65 setelah masa kawin, maka dari itu perlu adanya catatan kapan kucing memasuki masa kawin. Layaknya manusia, kucing pun dapat mengalami kelahiran yang prematur bila kesehatan janin kurang baik, jumlah janin yang dikandung, serta jenis kucing.

5. Kenali Tanda Kelahiran Telah Dekat, Kehilangan nafsu makan, lebih banyak berdiam diri, dan merasa gelisah akan menjadi salah satu ciri bila waktu melahirkan kucing telah dekat. Nafasnya pun akan lebih cepat dan tidak teratur. Jangan heran bila kucing Anda sering kali terlihat menjilati daerah genitalnya, karena cara tersebut dilakukan untuk merangsang proses kelahirannya.

6. Berikan Makanan dengan Nutrisi Seimbang, Saat proses melahirkan jangan biarkan kucing Anda sendiria, persediaan makanan dan minuman yang cukup sangat membantu proses melahirkan hingga menyusui berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, pemberian makanan dengan nutrisi seimbang sangat diperlukan oleh induk kucing dan baby kitten.

Nature Bridge terbuat dari bahan alami dengan 95% sumber protein hewani, Gluten Free (Tidak mengandung turunan gandum yang dapat mengganggu pencernaan ​pet kesayangan) dan rendah garam. Makanan bernutrisi seimbang yang menyehatkan kucing kesayangan. Bagi Anda yang memiliki anak kecil, tak usah khawatir karena ​Nature Bridge tidak menggunakan pewarna, pemanis, dan pengawet buatan sehingga aman bila tidak sengaja tertelan oleh sang buah hati.

Nature Bridge Baby Cat ​memiliki kandungan protein sebesar ≥ 30% dan lemak ≥ 20% makanan nutrisi seimbang lengkap yang bagus untuk kucing pada masa kawin hingga masa menyusui serta untuk baby kitten berusia 2-4 bulan. Saat fase-fase tersebut, kucing membutuhkan protein dan lemak tinggi untuk menjaga tubuhnya tetap sehat.

Nature Bridge Baby Cat memiliki banyak kandungan baik yang bagus untuk kucing yang sedang dalam masa kawin hingga baby kitten berusia 2-4 bulan, diantaranya :

  • Kacang Polong : Dikenal kaya akan serat yang bermanfaat dalam peningkatan imunitas serta mengurangi gejala arthritis (radang sendi) sangat baik untuk kucing yang sedang dalam masa kawin dan hamil
  • Wortel : Kandungan B-Carotene dalam wortel bermanfaat untuk memelihara dan mempertajam penglihatan kucing kesayangan
  • Rumput Laut : Membantu pertumbuhan dan memelihara kesehatan bulu kucing kesayangan serta elastisitas kulitnya
  • Tepung Telur : Kandungan letichine dalam tepung telur bermanfaat untuk perkembangan otak dan pertumbuhan yang sehat sehingga harus dikonsumsi oleh induk kucing sejak masa kawin hingga masa menyusui agar baby kitten tumbuh dengan sehat
  • Fructooligosaccharide : Membantu saluran pencernaan
  • Kayu Manis dan Ubi : Memiliki nutrisi serupa ASI yang baik untuk tumbuh kembang yang optimal. Rasa dari kayu manis dan ubi yang menyerupai ASI kucing sehingga kitten tidak kaget di masa awal memulai makanan pertamanya.

MORE ARTICLES

Cat

In Head-Butt, We trust

Cat

Hidup Lebih Sehat Bersama Hewan Peliharaan