4 LANGKAH MENGHINDARI HAIRBALL KUCING KESAYANGAN

6.png

Bagi Pet Pals yang sudah lama memelihara kucing, tentunya sudah tidak asing lagi dengan muntah bulu atau hairball. Namun, bagi yang baru memelihara kucing mungkin akan merasa panik dan bingung apa yang harus dilakukan.

Tenang, Pet Pals!

Muntah bulu sering terjadi pada semua kucing terutama kucing berbulu panjang dan jarang di sisir. Kucing menghabiskan sebagian besar waktunya selain untuk tidur, juga untuk menjilati dirinya (bulunya). Kucing akan menjilati bulunya untuk membersihkan kotoran yang terdapat pada bulunya.

Lidah kucing memiliki tonjolan seperti duri kasar yang berkerja layaknya sebuah sisir. Ketika kucing menjilati bulunya, biasanya ada rontokan bulu mati yang akan menyangkut pada lidahnya dan tertelan masuk ke dalam saluran pencernaan. Bulu yang tertelan tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan kucing sehingga harus dimuntahkan untuk mengeluarkannya.

Ukuran bulu yang dimuntahkan beragam, ada yang besar dan ada juga yang kecil, tergantung kondisi pencernaan kucing dan jumlah endapan bulu. Bulu yang dimuntahkan secara alami itu sangat bagus namun, ada beberapa kucing yang tidak dapat memuntahkan sendiri bulunya sehingga akhirnya menyumbat usus. Inilah yang harus kita waspadai.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari kucing dari muntah bulu, diantaranya:

  1. Rajin memandikan dan menyisir bulu kucing dua kali sehari di setiap harinya. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan bonding antara pemilik dan si kucing.

  2. Berikan pakan kucing dengan formula yang membantu mengeliminasi muntahan bulu. Kandungan rumput alfalfa dan Coix Seed yang terdapat dalam Nature Bridge Hairball Control membantu membersihkan kotoran dalam usus serta melancarkan saluran pencernaan sehingga akan membuat kucing lebih mudah dalam mengeluarkan hairball melalui buang air besar.

  3. Berikan minum lebih banyak dan tanam rumput dipekarangan rumah agar kucing dapat memakannya. Rumput yang ditumbuhkan hendaknya tidak disemprot dengan insektisida.

  4. Ajaklah kucing anda untuk bermain. Jika si kucing aktif maka akan membantu saluran cernanya untuk jadi makin aktif sehingga dapat membantu pengeluaran bulu secara mestinya.

Semoga bermanfaat ya, Pet Pals!

MORE ARTICLES

Cat

Bagaimana Kucing Memandang Manusia?

Cat

Merawat Bulu Kucing Agar Tetap Indah Berkilau